Sabtu, 04 Agustus 2012

GANGGUAN HATI

HEPATITIS ( RADANG HATI )

Hepatitis adalah peradangan pada hati, dapat disebabkan karena minum alcohol berlebihan dan penyalahgunaan obat-obtan atau terlalu banyak dosis. Bisa juga terinfeksi virus hepatitis yang dapat menyebabkan komplikasi pada organ hati.
Macam – macam jenis hepatitis :

Hepatitis A :
Timbul kerusakan berat pada jaringan organ hati secara mendadak yang disebabkan karena Virus Hepatitis A yang ada di air kotor, kerang atau juga ternak.

Hepatitis B :
Timbulnya kerusakan pada jaringan organ hatiyang disebabkan oleh virus Hepatitis B yang umumnya terdapat pada orang dewasa. Dan jika system kekebalan tubuh kita menurun, virus ini dapat aktif dalam tubuh. Bisa menular kontaj darah, keringat, dan air liut.

Hepatitis C :
Kerusakan organ hati karena terinfeksi Virus Hepatitis C yang biasanya ditularkan secara langsung dari satu orang ke orang lain lewat darah, jarum suntik, atau ibu hamil pada janinnya.

Hepatits D :
Hepatitis D Virus ( HDV ) atau virus delta adalah virus yang unik, yang tidak lengkap dan untuk replikasi memerlukan keberadaan virus hepatitis B. Penularan melalui hubungan seksual, jarum suntik dan transfusi darah. Gejala penyakit hepatitis D bervariasi, dapat muncul sebagai gejala yang ringan ( ko-infeksi ) atau amat progresif.

Hepatitis E :
Gejala mirip hepatitis A, demam, pegel linu, lelah, hilang nafsu makan, dan sakit perut. Penyakit yang akan sembuh sendiri ( Self – Limited ), kecuali bila terjadi pada saat kehamilan, khususnya trimester ketiga, dapat mematikan. Penularan melalui air yang terkontaminasi feses.

Hepatitis F :
Baru ada sedikit kasus yang dilaporkan. Saat ini para pakar belum sepakat hepatitis F adalah penyakit hepatitis yang terpisah.

Hepatitis G :
Gejala serupa hepatitis C, seringkali infeksi bersamaan dengan hepatitis B dan/atau C. Tidak menyebabkan hepatitis fulminan ataupun hepatitis kronik. Penularan melalui transfuse darah jarum suntik.
Semoga pengetahuan ini bermanfaat bagi anda semua.

Gejala secara umum untuk hepatitis :
  • Lemah, letih, lesu dan nyeri otot.
  • Demam ringan.
  • Mula, kurang nafsu makan, dan tubuh menguning, (mata, kulit menguning).
  • Kencing berwarna gelap, kototran pucat, kadang-kadang gejala sangat ringan seperti flu.
  • Warna kuning yang timbul pada mata, kulit, disertai demam, cepat lelah dan pusing juga bisa disertai pingsan.

Penyakit Kuning ( Jaundice )

Penderita baik dewasa maupun anak-anak dengan kulit dan mata yang kuning.
Sakit kuning merupakan gejala awal pada gangguan fungsi liver ( hati ), penyumbatan saluran empedu atau disebabkan obat-obatan yang mengganggu fungsi hati, atau disebabkan obat-obatan yang mengganggu fungsi hati, atau pada saat adanya gangguan metabolisme Bilirubin ( Substansi yang diproduksi pecahan sel darah merah).
Warna kuning yang timbul pada kulit dan mata disebabkan karena meningkatnya kadar Bilirubin dalam tubuh sehingga mengganggu kerja organ liver.

Sirosis Hati ( Pengerasan organ Hati )

Penyakit hati kronik yang dianggap dalam dunia kedokteran penyakit irreversible, ditandai dengan kerusakan pada jaringan hati. Namun masih diusahakan perbaikan, untuk menunda proses kerusakan lebih lanjut.
Gejalanya :
  • Kembung, banyak angin di perut, nyeri pada daerah ulu hati.
  • Perut mengeras dan membesar.
  • Demam dan meriang juga sulit untuk bergerak.
Penyebabnya :
  • Kebiasaan mengkonsumsi obat – obatan dan minuman beralkohol.
  • Infeksi oleh virus dan bakteri
  • Adanya sel tumor dan kangker, sehingga menghambat kerja organ liver.
  • Penumpukan racun dalam tubuh yang berlebihan dan kurang istirahat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar